Jam Perdagangan

Oleh karena pergerakan harga saham yang digunakan dalam Stockbit Virtual Trading mengacu kepada pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia secara real time, maka hanya dapat melakukan transaksi simulasi (Order) pada jam perdagangan di Bursa Efek Indonesia, yaitu:

  • Senin s/d Kamis pukul 09.00 - 12.00 WIB untuk sesi I dan pukul 13.30 - 16.00 WIB untuk sesi II
  • Jumat pukul 09.00 – 11.30 WIB untuk sesi I dan pukul 14.00 – 16.00 WIB untuk sesi II

Jika memasukan order diluar dari jam trading tersebut maka status order akan REJECTED. 

Fee

Pada Stockbit Virtual Trading tiap transaksi akan dikenakan fee supaya Virtual Trading semakin mendekati situasi sebenarnya. Untuk fee beli (buy) adalah sebesar 0.2% dan untuk fee jual (sell) adalah sebesar 0.3%.

Order Match

 Di dalam fitur Stockbit Virtual Trading proses untuk sebuah order untuk Match adalah sebagai berikut:

Order Pembelian (Buy)

Jika kita memasukan order pembelian (Buy) pada harga Offer, sisi kanan (dalam kotak merah) pada gambar di bawah, maka order akan langsung Match. 

Jika kita memasukan order pembelian (Buy) pada harga Bid, sisi kiri (dalam kotak merah) pada gambar di bawah maka order akan mendapat status Open, order akan berubah menjadi Match apabila harga yang kita masukan sudah pindah ke Offer.

Contoh: kita memasukan order Buy sebanyak 10 Lot di harga 4200, maka order akan Match apabila harga 4200 berubah masuk ke kolom Offer. 

Order Penjualan (Sell)

Jika kita memasukan order penjualan (Sell) pada harga Bid, sisi kiri (dalam kotak merah) pada gambar di bawah, maka order akan langsung Match. 

Jika kita memasukan order penjualan (Sell) pada harga Offer, sisi kanan (dalam kotak merah) pada gambar di bawah maka order akan mendapat status Open, order akan berubah menjadi Match apabila harga yang kita masukan sudah pindah ke Bid.

Contoh: kita memasukan order Sell sebanyak 10 Lot di harga 4210, maka order akan Match apabila harga 4210 berubah masuk ke kolom Bid. 

Tambahan Untuk Order Match

Untuk lebih menyamakan Virtual Trading dengan pasar modal yang asli, kami melakukan update rule untuk beli-jual.

Semua ORDER beli-jual, lotnya harus sama atau lebih kecil dengan lot yang ada di pasar. Jika lebih besar, maka order akan kena REJECT.

Dengan demikian, jika kita ingin beli 1,000 lot di harga 110 di IBFN tetapi di pasar hanya ada 500 lot di harga 110, maka order akan di reject. Kamu hanya dapat beli sebesar 500 lot. 

Did this answer your question?