Fitur Valuation disajikan dan didesign secara khusus untuk mempermudah anda mengetahui valuasi suatu saham berdasarkan Price to Earnings Method.

Valuasi adalah sebuah seni. Pandangan kita tentang masa depan lah yang akan mempengaruhi valuasi kita. Yang menarik adalah setiap orang punya pandangan tersendiri terkait valuasi.

Disini lah pentingnya peran valuation tool Stockbit yang di design dalam bentuk simpel. Hanya perlu isi 2 field.

2 Komponen penting dalam valuation tool Stockbit adalah growth rate dan PE Multiple.

Apabila kita ingin menentukan Growth perusahaan selama 12 bulan kedepan maka kita perlu melakukan riset melalui berita, analis report, target manajemen ataupun hasil diskusi untuk menentukan growth rate yang lebih akurat.

Kita juga perlu mengukur sentimen dan margin of safety kita. Secara teori, harga suatu saham akan kembali ke harga rata-ratanya dalam jangka panjang. Maka harga rata-rata (Mean) suatu saham bisa dijadikan sebagai harga wajar.

Namun jika kita merasa lebih konservatif atau kondisi sektor/ekonomi sedang kurang baik, kita bisa menggunakan -1 atau -2 PE Std deviation sebagai harga target beli kita.


Teori PE Standard Deviation

Standard Deviation Band mengukur variasi dari rata-rata PE secara historikal. Berdasarkan statistik, rata-rata PE ratio saham akan berada di posisi antara plus atau minus dua standard deviation sebanyak 95% dari keseluruhannya.

Teknik ini sering dipakai oleh institusi sehingga mempunyai dasar yang kuat dan menyatukan pandangan kita dengan pasar.

Bandingkan hasil Valuasi dengan Analis Konsensus

Stockbit juga menyediakan target dari analis konsensus dimana kita dapat membandingkan target kita dengan analis pasar. Bisa untuk latihan dan di tes lebih akurat hasil siapa nantinya!

Klik di sini untuk cara menggunakan fitur valuation                

       

                      

Did this answer your question?