Reputasi adalah penilaian untuk membantu komunitas mencari pengguna aktif di Stockbit yang telah mendedikasikan waktu dan pengetahuan mereka untuk membantu komunitas Stockbit.

Reputasi bukanlah suatu ukuran dimana seseorang itu lebih baik dari yang lain melainkan suatu mekanisme untuk mendorong kolaborasi.

Reputasi membuat komunitas lebih hidup, rational dan menarik. Tentunya akan memudahkan kita untuk menemukan orang yang bisa berkontribusi positif.

Reputasi seseorang tergantung pada nilai yang di kontribusikan kepada komunitas. Untuk meningkatkan reputasi, kamu harus lebih aktif dalam menulis ide, berkomentar, likes/dislikes dan lain-lain. Formula untuk reputasi tidak kami bagikan ke publik untuk menghindari kecurangan.

Kamu bisa melihat profil investor di Stockbit lewat halaman Discover People di tab Reputation.

Berikut adalah tips untuk menulis post yang dapat meningkatkan reputasi kamu:

1. Berikan alasan kenapa. 

Stockbit bukanlah sekedar tempat dimana kamu memberi rekomendasi beli atau jual. Komunitas Stockbit didorong untuk berkolaborasi dalam berbagi, mengkritik, belajar dari ide-ide yang berbobot untuk saling memaksimalkan keuntungan. Jadi akan sangat bermanfaat bagi semuanya jika kita jelaskan alasan kenapa kita mempunyai rekomendasi tersebut. 

2. Bervariasi. 

Jangan hanya memberi rekomendasi. Bantulah untuk mengedukasi terkait pasar. Pengguna sangat menyukai post yang mendidik dan memiliki wawasan luas. Kamu bisa mendapat banyak Likes dan Views. Ada banyak topik yang dapat kamu pilih seperti trading psychology, money management, cara bikin trading plan, metode valuasi, rencana perkembangan emiten ataupun cerita pengalaman pribadi kamu.

3. Terima Feedback. 

Dengan membalas komentar dengan cepat dan berbobot, kamu akan secara natural mengundang lebih banyak komentar dan meningkatkan reputasi kamu. Post ide kamu juga akan lebih aktif dan mengundang banyak Views dan Likes. Stockbit memberi cara yang baik untuk berinteraksi dengan investor lain yang tertarik dengan pandangan kamu. Hormati dan bersikap baiklah kepada semua orang meskipun pendapat kamu berlawanan. Perdebatan dengan argumen yang kuat dapat memberi nilai positif bagi banyak orang meskipun berlawanan.

4. Semua boleh berbagi. 

Banyak yang berpikir bahwa yang harus menulis analisa atau ide-ide saham adalah mereka yang sudah berpengalaman. Kita tidak setuju. Kita percaya bahwa investor dari berbagai level mempunyai sesuatu yang bisa dibagi. Berbagi analisa adalah awal dari perjalanan investasi kamu dimana kamu bisa belajar dari feedback dan kritik dari komunitas Stockbit. Kamu juga akan mempunyai semacam investment jurnal dimana kamu bisa track kemajuan kamu.

5. Bersabar. 

Rome wasn’t built in a day. Reputasi kamu juga tidak dapat dibentuk secara langsung. Post kamu meskipun sangat baik, mungkin hanya akan mendapatkan beberapa Likes saja. Jangan menyerah. Teruslah berbagi. Kamu akan perlahan-lahan mendapat perhatian dan kepercayaan dari komunitas kami. Tingkatkan terus kualitas ide kamu dan reputasi kamu akan mengikuti.

Did this answer your question?