Fitur Key Stats dari Stockbit Pro merangkum dengan rapi rasio-rasio penting dimana rasio-rasio tersebut dikelompokkan sesuai dengan karakteristiknya. Seperti pengelompokkan pada rasio Market Rank yang mana merupakan kumpulan rasio-rasio yang menunjukkan peringkat/posisi emiten di IHSG.

Dalam Market Rank, seluruh data di urutkan mulai dari ranking terendah yaitu 1 hingga ranking tertinggi yaitu 100.

Berikut penjelasan singkat mengenai rasio Market Rank pada fitur Key Stats:

 

PIOTROSKI F-SCORE

Piotroski memberikan sembilan kriteria scoring untuk suatu saham. Saham yang lolos pada kriteria tertentu akan diberikan skor 1 poin. Dengan demikian skor maksimum untuk Piotroski F-Score adalah 9. Saham-saham dengan skor 7-9 dapat dikatakan memiliki kondisi keuangan yang cukup kuat sedangkan saham dengan skor 1-3 cenderung memiliki kondisi keuangan yang lemah.

Semakin tinggi F-Score mengklasifikasikan saham tersebut berada pada posisi keuangan yang kuat, semakin rendah F-Score mengklasifikasikan saham tersebut berada pada posisi kemungkinan untuk bangkrut.

 

EPS RATING

EPS Rating adalah ranking pertumbuhan EPS suatu emiten dari 1-99 percentile. Semakin tinggi pertumbuhan EPSnya maka rankingnya semakin baik dengan ranking terbaik adalah 99.

 

RELATIVE STRENGTH RATING

Relative Strength Rating mengukur kekuatan performa harga saham terhadap IHSG dalam 1 tahun terakhir dibandingkan dengan semua saham di IHSG. Emiten yang memiliki ranking 99 menunjukkan bahwa saham tersebut telah outperform 99% dari saham lainnya.

 

RANK (MARKET CAP)

Rank (Market Cap) adalah hasil dari pengurutan market cap semua emiten yang terdaftar di bursa. Perusahaan dengan market cap terbesar mendapat ranking tertinggi 99.

 

RANK (CURRENT PE RATIO TTM)

Rank (Current PE Ratio TTM) adalah hasil dari pemeringkatan PE Ratio semua emiten yang terdaftar di bursa. Perusahaan dengan PE Ratio terkecil mendapat ranking tertinggi (99) karena semakin kecil nilai PE ratio menunjukkan bahwa saham emiten tersebut undervalued.

 

RANK (EARNINGS YIELD)

Rank (Earning Yield) adalah ranking Earnings Yield dari semua saham di IHSG selama setahun terakhir. Emiten yang memiliki ranking 99 menunjukkan bahwa semakin besar return yang dihasilkan oleh emiten tersebut.

 

RANK (P/S)

Rank (P/S) adalah pemeringkatan saham semua emiten yang terdaftar di bursa berdasarkan rasio Price to Sales (P/S). P/S yang terendah mendapat ranking terbaik (99).

 

RANK (P/B)

Rank (P/B) adalah pemeringkatan saham semua emiten berdasarkan rasio Price to Book value (P/B). PBV yang terendah mendapat ranking terbaik (99).

 

RANK (NEAR 52 WEEK HIGH)

Rank (Near 52 Weeks High) adalah ranking dari seluruh emiten di IHSG dimana harga saham yang saat ini paling mendekati harga tertingginya dalam 52 minggu mendapat ranking terbaik (99).

Did this answer your question?