Dalam berinvestasi yang paling penting dan yang harus kita punya dan kita tentukan sebelum masuk di sebuah saham ada 3 hal.

1. Level Entry Point

2. Level Exit Point

3. Level Cut Loss

3 hal di atas menjadi acuan kita ketika akan membeli suatu saham. kita bisa ibaratkan ke 3 hal tersebut adalah 'peta' yang akan memandu kita dalam trading saham. Kali ini kita hanya fokus pada point pertama yaitu Entry point. Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menentukan level terbaik untuk masuk saham, salah satunya adalah Buy on Financial Report Release. Artinya, kita akan membeli saham ketika emiten saham tersebut melaporkan laporan keuangan yang di atas ekpektasi atau mengalami keuntungan dengan harapan harga saham tersebut akan naik.

Lalu, pernahkah anda mengalami kejadian seperti berikut?

 

"Saham ABCD pada semester ini membukukan peningkatan laba bersih sebesar XX %" lalu ketika anda membeli saham tersebut ternyata harga saham malah turun. Kenapa?

 

Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut, salah satunya dan yg paling sering sekali terjadi adalah ketidaktelitian kita. Sebab, laporan yang dikeluarkan oleh media pada umumnya tersaji dalam periode interim year to date. Padahal, bisa jadi laporan Interim YTD nya mengalami kenaikan sedangkan secara perkuartal nya mengalami kerugian. Kita ambil contoh saham ELSA.

 

Pada semester 1 tahun 2016 ELSA dikabarkan mengalami peningkatan laba bersih sebesar 9,2%

dan kita bisa cek dengan fitur Financial Stockbit bahwa benar secara Interim YTD memang ELSA mencatat peningkatan laba bersih sebesar 9,2%

Tapi, pada saat LK tersebut dikeluarkan harga saham ELSA malah cenderung turun

Kenapa demikian?

memang secara pelaporan dengan periode Interim Year to date ELSA membukukan peningkatan pendapatan. Tapi.... secara periode Quarter nya?

Ternyata performa laba bersih ELSA pada quarter 2 2016 mengalami penurunan sebesar 45,6%

Itulah mengapa penting bagi kita untuk melihat lebih detail Laporan Keuangan emiten sebelum memutuskan untuk Buy on Financial Report Release. Dan Stockbit dengan fitur Financials nya telah menyajikan kepada anda Laporan Keuangan dalam berbagai periode yang dapat langsung digunakan tanpa perlu lagi memasukan data dan mengkalkulasi sendiri pertumbuhan perusahaan dari waktu ke waktu. Cepat, mudah, efisien!

 

Klik Di sini untuk berlangganan Stockbit Pro

Did this answer your question?